Jasa Aqiqah Di Tangerang Selatan

Ayah Bunda sedang mencari Jasa Aqiqah Di Tangerang Selatan? hubungi kami JAGOAN AQIQAH via WA/Call 0896 3707 0696, Kambing Sehat dan berkualitas serta Sesuai Syarat Aqiqah.

Jasa Paket Aqiqah Di Tangerang Selatan

 

Menggunakan Jasa Aqiqah Di Tangerang Selatan, tentu saja sangat membantu pelaksanaan ibadah Anda untuk sang buah hati. Tak perlu khawatir lagi memilih jenis kambing aqiqah sesuai syari’at, sebab jasa aqiqah profesional sudah mempersiapkan kambing berkualitas untuk aqiqah. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengawasi proses penyembelihan kambing yang dilakukan jasa tersebut. Karena itulah tak ada salahnya memiliki informasi mengenai persyaratan kambing aqiqah.

Persyaratan Kambing Aqiqah

Ada perbedaan pendapat para ulama ketika menentukan syarat-syarat kambing untuk aqiqah, khususnya dilihat dari segi usia kambing itu sendiri. Ada yang mengatakan harus berusia 2 tahun, ada pula yang berpendapat harus 1 tahun untuk domba. Persyaratan lainnya, kambing tak boleh cacat, harus sehat, tidak hilang kuping atau tanduknya, tidak buta, dan semua gigi depannya tidak ompong.

Namun ada juga sebagian ulama memperbolehkan menyembelih kambing jenis apa saja, karena tak terdapat dalil khusus yang berkaitan dengan persyaratan kambing aqiqah. Menurut pendapat para ulama setiap muslim diperbolehkan melakukan aqiqah dengan kambing betina, sebab tidak ada keterangan yang menjelaskan tentang larangan memakai kambing betina. sehinga sama saja menggunakan betina ataupun jantan.

Berikut beberapa persyaratan kambing untuk aqiqah, diantaranya :

  1. Telah Cukup Umur
    Cukup umur di sini maksudnya adalah minimal berusia 6 bulan dan alangkah baiknya telah melewati usia 1 tahhun. Sesuai sabda Rasulullah SAW dan pernyataan dari jumhur ulama.
  2. Tidak Cacat
    Dalam hal ini alangkah baiknya kambing yang dipilih adalah jenis kambing yang sehat dan baik.
  3. Tidak Pincang
    Periksa terlebih dulu apakah kedua mata kambing yang Anda gunakan buta sebelah atau kedua matanya buta, lalu periksa bagian telinga dan ekornya apakah terpotong atuakah tidak. Anda juga perlu memperhatikan kondisi fisik kambing tersebut, apakah sehat atau tidak.

Usia Kambing Untuk Aqiqah

Berapa usia kambing yang diperbolehkan untuk aqiqah? Sebagian memang berpendapat jika kambing yang digunakan giginya harus sudah tanggal, ada pula yang berpendapat jika usia kambing untuk aqiqah harus genap menginjak satu tahun. Selain itu, ada juga yang berpendapat jika usia kambing yang dipergunakan untuk aqiqah bisa ditentukan berdasarkan ukuran tanduknya. Untuk menjelaskan persalan ini kita bisa melihat penjelasan dari para ulama. Para ulama menjelaskan jika syarat untuk kambing atau domba untuk aqiqah sama seperti persyaratan kambing untuk kurban.

jasa paket aqiqah  di tangerang selatan

Jenis Hewan Untuk Aqiqah

Persyaratan hewan yang dibutuhkan untuk aqiqah adalah dari jenis domba atau kambing. Jenis kelaminnya betina atau jantan sebenarnya tak masalah asalkan sehat, sudah dewasa dan tidak cacat. Alangkah baiknya mencari hewan untuk aqiqah yang sehat dan sempurna seperti halnya yang dicontohkan Rasulullah SAW ketika melaksanakan aqiqah, yakni menggunakan kambing jantan, tidak cacat dan sehat. Selain itu, ada beberapa jenis dan syarat hewan yang digunakan untuk aqiqah seperti berikut :

Jenis hewan yang dibutuhkan untuk aqiqah adalah jenis mamalia berukuran kecil, seperti domba, biri-biri dan kambing.

Kategori jenis kelamin kambing yang diperlukan untuk aqiqah sendiri bisa menggunakan kambing berjenis kelamin betina maupun jantan, tidak masalah.

Usia kambing yang dipergunakan untuk aqiqah dikiaskan seperti usia kambing qurban, yakni untuk biri-biri atau domba cukup berusia 1 tahun atau bisa kuang sedikit. Untuk kambing biasa usianya cukup 2 tahun atau memasuki usia tahun ketiga. Penampilan dan sifat kambing yang digunakan untuk aqiqah alangkah baiknya tak jauh berbeda seperti kambing qurban, diantaranya kambing yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan tidak sakit.

Menyempurnakan Persyaratan Domba Aqiqah

Usia hewan aqiqah berdasarkan pendapat para ulama umumnya sama seperti persyaratan pada hewan qurban, yakni telah melewati 1 tahun atau setidaknya berusia 6 bulan yang jika dicampur tak terlihat bedanya. Persyaratan kambing untuk aqiqah bukan kecacatan yang dilarang jika seandainya gigi lepas saat masa pergantian, tanduk patah, sakir ringan, luka kecil bulu rontok yang tak berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Penyaluran kambing aqiqah bisa dalam keadaan matang ataupun mentah. Dengan mengadakan proses walimah atau bisa sekedar menyalurkan, sebaiknya diutamakan di tempat bayi dibesarkan tanpa melupakan anak yatim dan fakir miskin.